Halal BI Halal dan Silaturahmi Akbar Masyarakat Minang Rantau Sumatera Utara


Hariantoday.com,MEDAN- 
Dalam rangka memperkokoh silaturahmi antar perantau asal Minangkabau, Badan Musyawarah Masyarakat Minang (Bm3) Sumatera Utara menggelar halal bihalal dilaksanakan di Rumah Gadang Jl. Adinegoro No.1 Ahad (5/4/2024).

Halal BI halal dimaknai sebagai wadah berkumpulnya anak rantau asal Sumatera Barat di Provinsi Sumatera Utara.



Ketua Panitia Pelaksana Dr.dr Delyuzar atas nama seluruh panitia mengucapkan terima atas terselenggaranya Halal BI Halal ini.

Kami  ucapkan terima kasih Kepada PJ Gubernur Sumatera Utara dalam hal ini diwakili Zulkifli Chaniago, Gubernur Sumatera Barat , H. Buya Mahyeldi Ansharullah diwakili oleh Mursalim, A.P, M.Si Kepala Biro Administrasi,  Pimpinan, Mewakili Kapolda, Pangdam I BB, Dan Sat Brimob  SU, Kejati, serta Para pimpinan OPD, Ninik Mamak, Cadiak Pandai, Tokoh masyarakat dan seluruh undangan yang hadir.

Sebelumnya para tamu undangan disambut oleh kesenian Minang Tambua Tansa dan tari galombang oleh sanggar Komunitas Seni Minang Anak Rantau (Kasmaran)  kota Medan.



Sambutan Ketua Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) H. Syahruddin Ali, bersama Sekretaris Umum H. Yunan Sirhan, 

tidak dapat dipungkiri bahwa banyak perantau Minang bermukim di Sumatera Utara dengan beragam profesi, ini menjadi sebuah potensi  dan elemen terpenting dalam pemersatu kehidupan berbangsa dan bernegara terkhusus untuk Sumut.

Dengan berbekal Adat Basandi syarak, Syarak Basandi Kitabullah ini merupakan identitas urang awak," Indak  Ado kusuik nan indak  tasalasaikan.


Berbagai  macam organisasi Minangkabau yang dibentuk di rantau khususnya Sumatera Utara merupakan potensi dan bisa menjadi kekuatan yang besar.

"Dalam historinya orang Minangkabau banyak memberikan kontribusinya dimana daerah tempat mereka tinggal sesuai pepatah "

Dima bumi dipijak, di Sinan langit di junjuang.


Orang Minang harus mampu beradaptasi dengan masyarakat atau dimana ia berada dengan menghargai adat dan budaya tempatan  tanpa harus kehilangan jati dirinya ( filosofi survival perantau Minang)," ujar H. Syahrudin Ali.

Sambutan PJ Gubernur Sumatera Utara Dr. Hasanuddin yang disampaikan Kepala  Sekretariat Dewan Provinsi  Sumut, Zulkifli Chaniago.

Gubernur Sumut berharap BM3 Sumut dapat menjaga stabilitas dan kondusifitas serta mengambil  peran dan fungsi kita masing-masing. Peran serta seluruh pengurus  dan anggota Badan Musyawarah Masyarakat Minang sangat dinantikan kontribusinya, buatlah program - program yang dapat memajukan daerah Sumatera Utara, " jelas Dr. Hasanuddin dalam sambutan tertulisnya.



Gubernur Sumatera Barat ,Buya Mahyeldi Ansharullah diwakili Mursalim Kepala Biro Administrasi Pimpinan. Atas nama pemerintah Provinsi Sumatera Barat kami mengucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H , mohon maaf lahir batin. Hari RayoIdul Fitri alah salasai mari Kito saling bermaaf-maafan.

Gubernur Sumatera Barat pada kesempatan ini menyampaikan capaian program - program ini berdampak akselerasi pertumbuhan perekonomian , serta memberdayakan SDM yang potensial untuk pembangunan berkelanjutan di Sumbar.

Kami berharap doa dan partisipasi masyarakat Minang di Sumut untuk berkontribusi membangun kampuang. Dapat kami sampaikan bahwa RPJMD Sumbar selalu meningkat tahun ke tahun dan itu menunjukkan peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumatera Barat.


Program yang sekarang  digalakkan adalah visit Sumbar, banyak destinasi wisata yang sangat -sangat indah di Sumatera Barat,"ujar Mursalim. Ceramah Halal BI Halal disampaikan Prof.Dr. Azhari Akmal Tarigan. Kita telah  menyelesaikan kewajiban puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh.

Kita semua wajib bersyukur pada momentum hari kemenangan idul Fitri izinkan kami mengucapkan" Taqaballalahu Minna Wa Minkum, shiyamana wa shiyamakum, semoga semua amal kita diterima Allah SWT.

Lebih lanjut Prof. Azhari Akmal Tarigan menyampaikan bagi masyarakat muslim di Indonesia halal bihalal merupakan tradisi yang tidak akan dijumpai dibelahan negeri muslim lainnya.

Tradisi yang baik dan penuh makna ini sebaiknya agar dipertahankan dengan melihat hikmah yang terkandung di dalamnya.

"Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu," ujar Prof. Akmal Tarigan.

Halal BI halal 1445 H dimeriahkan paduan suara  Bundo Kanduang, Kesenian Irama Minang (KIM) serta .Diskusi adat budaya  Minangkabau oleh Datuak Katumanggungan dari Batu Sangka Sumbar. (Ag/Ah)

Posting Komentar

0 Komentar